Monday, March 12, 2012

Ekonomi Islam VS Ekonomi konvensional

Filled under:

Ekonomi Islam VS Ekonomi konvensional (Bank)
           
            Sebelum kita membahas tentang ekonomi tersebut kita juga harus mengetahui perbedaan antara ekonomi syari’ah (ekonomi islam) dengan ekonomi konvensional. Berikut perumusannya.
Seperti yang kita ketahui bank dan ekonomi yang banyak diperbincangkan oleh banyak Negara adalah syariah karena diyakini hukum tersebut adalah ekonomi yang fleksible dan menguntungkan dibandingkan ekonomi kovensional.
1.     
                  1.Ekonomi konvensional
 Mendengar konvensional dan syariah pasti pikiran kita menuju ke bank, sebelum kita memahami arti syariah dan konvensional kita harus mengetahui apa artinya bank, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam kredit ataupun dengan bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak (menurut konvensional).

            2. Ekonomi Syariah
Ekonomi syariah merupakan aturan perjanjian menurut hukum islam  antara bank dengan pihak lain untuk penyimpanan dana ataupun modal usaha dinyatakan sesuai syariah. Dan hukum islam (syariah) tidak mengenal hukum ribawi , karena hukum riba itu secara perlahan atau tersirat sebuah kerugian didalamnya. Dan juga di surat al-baqarah ayat 275 disebutkan bahwa “ orang orang yang makan (mengambil ) riba melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”

Dari ayat diatas sudah jelas bahwa riba tidak sesuai dengan syariat islam. Dan perbedaan yang paling mencolok yang dipahami masyarakat antara bank syariah dan konvensional terletak pada bunga.Peraktek riba tidak mencerminkan keadilan dan mencegah pemerataan dan kemakmuran.

kesimpulan
Dari pengertian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa ekonomi syariah lebih baik dibandingkan konvensional yang menganut sistem ribawi. Ekonomi syariah adalah salah satu jalan untuk memulihkan ekonomi krisis yang sedang melanda berbagai Negara didunia, ekonomi syariah pun harus dikembangkan karena syariah masih dalam tahap sebuah pengembangan , kita doakan saja semoga syariah bisa menjadi pedoman ekonomi yang dapat memakmurkan orang banyak dan meniadakan ekonomi ribawi yang sangat merugikan.

0 comments:

Post a Comment