MES Segera Gelar Road Show Sekolah Pasar Modal Syariah

Ekonomi Islam sebagai suatu solusi total atas masalah perekonomian global memang tidak hanya menawarkan konsep mashlahah melalui sektor keuangan syariah seperti bank dan lembaga asuransi syariah saja. Akan tetapi, ekonomi Islam juga berbicara banyak mengenai konsep investasi, yaitu untuk keperluan yang lebih besar di masa mendatang.

Mapannya ekonomi konvensional yang telah lama bercokol dalam sistem perekonomian dunia saat ini memang telah banyak mendahului ekonomi Islam dalam berbagai hal dari mulai asset perbankan sampai diversifikasi instrumen pasar modal. Akan tetapi, dengan segenap sumber daya ekonomi Islam yang ada pada saat ini, akhirnya ekonomi Islam mampu mengejar ketinggalannya dengan menciptakan banyak inovasi produk-produk perbankan, asuransi, sampai ke diversifikasi produk pasar modal syariah di bursa.
Maraknya instrumen investasi berbasis syariah dewasa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi investor karena selain banyaknya pilihan instrumen investasi yang tersedia, juga skema investasinya yang mengusung konsep keadilan bagi kedua pihak. Banyaknya pilihan akad yang bisa dipakai dalam skema sukuk (obligasi syariah) memudahkan para emiten untuk menentukan skema mana yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain banyaknya instrument investasi yang ditawarkan dan juga akad syariah yang diterapkan dalam skema investasinya, keuntungan atau return yang bisa diperoleh dari instrumen investasi ini tidak bisa dibilang kecil. Dengan konsep bagi hasil misalnya, pemilik modal akan mendapatkan keuntungan berdasarkan presentase nisbah yang dihitung dari jumlah keuntungan, sehingga semakin banyak keuntungan yang diperoleh dari hasil investasi tersebut, semakin besar pula bagi hasil yang akan diterima oleh investor.
Meskipun perkembangan pasar modal syariah dalam dekade terakhir ini sangat baik dan signifikan, masih banyak masyarakat yang belum memahami instrumen investasi syariah di pasar modal. Kebanyakan masyarakat lebih familiar dengan produk yang ada di lembaga keuangan seperti bank. Oleh karena itu, untuk menjembatani keingintahuan masyarakat terhadap berbagai macam instrument investasi syariah dan skema investasi, dan juga prosedur berinvestasi di pasar modal syariah, MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) bekerjasama dengan BEI (Bursa Efek Indonesia) akan menyelenggarakan Road Show Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) yang akan dilangsungkan di 12 kota di Indonesia yang akan berlangsung dari bulan April – Oktober.
Adapun penyelenggaraan Road Show Sekolah pasar Modal Syariah pada tahun ini, MES menyajikan 2 pilihan kelas yang dapat diikuti yaitu Kelas Basic dan Kelas Intermediate. Workshop ini gratis dan sangat terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar lebih jauh tentang pasar modal syariah. Untuk penyelenggaraan SPMS di 12 kota tersebut dan cara pendaftarannya akan segera Kami infokan lebih lanjut. Persiapkan diri Anda untuk mengikuti ajang sosialisasi pasar modal syariah terbesar tahun ini!
MES Segera Gelar Road Show Sekolah Pasar Modal Syariah MES Segera Gelar Road Show Sekolah Pasar Modal Syariah Reviewed by Jualan Untung on March 16, 2013 Rating: 5

No comments:

Faedah Hijrah Meluaskan Industri Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syariah kini mulai dikenal luas. Tak hanya makanan, konsep syariah juga mulai diimplementasikan ke industri p...

Powered by Blogger.