Pengetahuan Fiqh Muamalah Masih Kurang




Jakarta (16/1) Pengembangan ekonomi syariah di Indonesia maju dengan pesat dengan ditandai menjamurnya lembaga keuangan syariah. Meski demikian ada sedikit permasalahan yang bisa mengganggu pengembangan keuangan syariah di Indonesia, yakni permasalahan pengetahuan fiqh muamalah yang dirasakan masih kurang dimiliki para pelaku ekonomi syariah. Jika hal ini dibiarkan praktis kedepan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia bersifat jalan ditempat.
Pernyataan ini dikemukakan oleh, Presiden Iqtishad consulting, Agustianto saat berbincang bincang dengan pkesinteraktif.com di ruang kerjanya di Jakarta, Selasa (15/1).
Agustianto menegaskan, fiqh muamalah sangat penting karena dasar dari keuangan syariah berangkat dari fiqh muamalah, tapi bagaimana bisa berkembang jika penguasaan fiqh muamalah selama ini sangat minim. Dampaknya adalah pengembangan produk keuangan syariah di lembaga keuangan syariah sangat minim inovasi, padahal dalam konsep fiqh muamalah dalam keuangan syariah bisa dikembangkan ribuan produk.
Lantas apa solusinya?
Agustianto memahami, bahwa belajar tentang fiqh muamalah tak mudah apa lagi pendidikan ekonomi syariah baru di buka. Itu yang menurutnya menjadi permasalahan selama ini. Meski demikian Agustianto masih punya harapan besar karena di Indonesia masih banyak pesantren-pesantren yang mengkaji secara komperehensif fiqh-fiqh. “Saya berharap kajian fiqh muamalah di pelajari di pesantren dan disinilah kedepannya akan melahirkan para sumber daya insani yang handal dalam menopang laju industri keuangan syariah,”paparnya.
Mendesaknya kebutuhan para ahli ekonomi syariah—sangat diperlukan sinergi antara lembaga pendidikan dan industri. Hal yang sama pada pesantren juga harus dilibatkan dengan demikian pengembangan kurikulum ekonomi syariah berbasis pesantren layak diselenggarakan. (Agus)
Pengetahuan Fiqh Muamalah Masih Kurang Pengetahuan Fiqh Muamalah Masih Kurang Reviewed by Jualan Untung on March 05, 2013 Rating: 5

No comments:

Faedah Hijrah Meluaskan Industri Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syariah kini mulai dikenal luas. Tak hanya makanan, konsep syariah juga mulai diimplementasikan ke industri p...

Powered by Blogger.