Keuangan Syariah Berpotensi Berkembang di Rusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Keuangan konvensional Rusia perlu memberikan ruang bagi keuangan syariah. Pasalnya pada survei yang dilakukan di 2009 dan 2010 ditemukan hasil 97 persen Muslim di Rusia tertarik menggunakan bank syariah.

Pengacara di Norton Rose LLP and Partner, Farmida Bi, mengatakan praktik bank syaria hsecara resmi diizinkan di Rusia. Hanya saja pertumbuhannya relatif kecil, hanya 15 hingga 20 persen pertahun.

"Salah satu faktor menarik bagi publik Rusia adalah bank syariah melarang riba dan pengisian bunga atas pinjaman," ujarnya seperti dikutip dari The Voice of Russia, Jumat (15/3).

Menurutnya keuangan syariah terbukti memiliki risiko lebih rendah dibanding jika masyarakat menggunakan bank konvensional. "Keuangan syariah adalah tren baru yang mendasarkan produk pada kepatuhan syariah," ucap Kepala Keuangan Syariah di Zawya, Adnan Halawi.

Masih ada beberapa hambatan bagi keuangan syariah sebelum dapat mencapai potensi yang sebenarnya di Rusia. "Rusia harus memperkenalkan beberapa peraturan perbankan syariah dan hukum sebelum perusahaan mulai menawarkan produk keuangan syariah," kata Halawi. Saat ini jika perusahaan Rusia ingin menjual obligasi syariah (sukuk) dan Syariah Compliant lainnya, maka harus menjualnya ke negara yang sudah mapan keuangan syariahnya, seperti Malaysia.

Ada perkembangan minat dalam keuangan syariah di Rusia. Sektor keuangan Rusia bisa mendapatkan dorongan dengan memanfaatkan pasar keuangan syariah untuk keuntungan sendiri. Tetapi kebijakan ini membutuhkan revisi sumber daya yang dapat diakses. Halawi mengatakan ekspansi akan disambut oleh permintaan produk keuangan syariah dalam negeri.

The Pew Forumon Religious and Public Life melaporkan populasi Muslim di Rusia diharapkan tumbuh dari 16,4 juta jiwa di 2010 menjadi 18,6 juta jiwa pada 2030. Meski Muslim adalah konsumen utama keuangan syariah, namun bukan hal tidak mungkin keuangan syariah ditawarkan ke non Muslim. Keuangan syariah dapat menjadi pilihan layak bagi masyarakat dunia.
Keuangan Syariah Berpotensi Berkembang di Rusia Keuangan Syariah Berpotensi Berkembang di Rusia Reviewed by Jualan Untung on March 19, 2013 Rating: 5

No comments:

Faedah Hijrah Meluaskan Industri Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syariah kini mulai dikenal luas. Tak hanya makanan, konsep syariah juga mulai diimplementasikan ke industri p...

Powered by Blogger.