mengoptimalkan tanah dalam islam


 Islam memerintahkan setiap makhluk untuk mengoptimalkan tanah gan , agar tidak ada yang nganggur, sungguh disayangkan apabila tanah yang lumayan dapat menghasilkan produksi tumbuh-tumbuhan apabila dipakai untuk bercocok tanam. Apabila agan tidak mempunyai dana untuk mengoptimnalkan tanah agan bias meminjam ataupun menginvestasikan tanah tersebut dengan pihak kedua agar bisa mengoptimakan tanah tersebut , dimana apabila sudah dimaksimalkan maka akan membawa keuntungan pula serta membantu pihak ketiga dengan upah yang agan beri kepada orang kedua tersebut karena telah mengelola tanah tersebut.

 Ketika zaman Rasullulah SAW ada yang namanya iqtha , dimana iqtha adalah memberikan tanah kepada pihak ke dua untuk dikelolanya tanah tersebut , di Indonesia sendiri pemerintah Indonesia di zaman sekarang ini sangatlah jarang sekali. Sungguh disayangkan karena iqtha dapat membantu perkembangan ekonomi masyarakat Indonesia , terutama orang yang mengangur.

 Apabila kita membahas tanah pasti kita ingat dengan yang namanya petani , sungguh ironis di Indonesia ini banyak sector pertanian yang kurang dimaksimalkan gan , bahkan untuk membajak sawah masih ada yang mengandalkan tenaga ternak, disini harusnya perbankan memberi bantuan kepada petani , mengapa ? karena selain mempunyai sumber daya alam yang baik Indonesia juga mempunyai tanah yang subur , iya ngak ? kita juga ngelempar batang singkong beberapa hari kemudian pasti tumbuh. Hehe :D

 Di Indonesia ini kurang apalagi coba , sumberdaya alam banyak tinggal menunggu sumber daya manusianya yang harus focus untuk memaksimalkan sumber tersebut dan juga perlu kesungguhan pada bidang tersebut termaksud dalam bidang pertanian, apanila sector pertanian sudah terpenuhi maka kita tak harus lagi menjadi Negara yang importir , akan tetapi harus menjadi Negara yang eksportir .

 Sedikit menyinggung ke pemerintah ni gan , seharusnya pemerintah memberikan kemudahan dan memberikan tunjangan kepada masyarakat terutama kepada para petani sehingga para petani dapat memaksimalkan dalam bidang pertanian. Kalau udah maksimal Insya Allah krisis dapat diminimalisir , minimal Indonesia ini expert di satu bidang entah itu pertanian ataupun sumber daya alam iya gak gan.. ?


Segini dulu gan yang dapat ane bahas gan , mohon masukan dan komentarnya :)





mengoptimalkan tanah dalam islam mengoptimalkan tanah dalam islam Reviewed by Jualan Untung on April 14, 2013 Rating: 5

No comments:

Faedah Hijrah Meluaskan Industri Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syariah kini mulai dikenal luas. Tak hanya makanan, konsep syariah juga mulai diimplementasikan ke industri p...

Powered by Blogger.